Kamis, 09 Februari 2012

Romantisme Nasi Uduk

Menurut Wikipedia, nasi uduk adalah nama sejenis makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/telur goreng yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang. Makanan ini biasanya lebih sering dijual di pagi hari untuk sarapan dan malam hari untuk makan malam.

Membayangkan nasi uduk, menggelitik fantasi saya terhadap penjual nasi uduk yang biasa saya temui. Tapi jangan menduga tentang fantasi penjualnya yang mirip Jupe atau Dewi Persik. Penjual yang kerap saya kunjungi seminggu sekali ini adalah seorang wanita berusia sekitar 70 tahunan. Perawakannya kurus dengan memakai penutup kepala seperti jilbab. Pakaian kebangsaannya adalah daster bermotif bunga-bunga dengan sendal jepit swallow berwarna hijau. Saya biasa memanggilnya dengan Mak Haji. Karena Mak Haji ‘lulusan’ ibadah haji di Mekkah.

Mak Haji memiliki warung berukuran sekitar 2 X 5 m, dengan dinding kayu bercampur plesteran kasar yang belum di aci. Warungnya dibagi menjadi tiga partisi. Partisi depan adalah bale-bale tempat pengunjung yang menyantap nasi uduk, partisi tengah tempat display aneka gorengan, telor dadar, toples bawang goreng, bakul nasi uduk, sambal kacang, dua baskom semur dan tiga kaleng krupuk. Baskom semur dipisahkan antara baskom berisi kentang, tempe dan tahu dengan baskom semur jengkol. Partisi belakang adalah tempat cuci piring, dapur  dan tempat Mak Haji ngaso dengan televisi 14 inch-nya. Di dapur, dapat ditemui tumpukan potongan kayu bakar dengan dinding dapur yang menghitam karena jejak jelaga masakan.

Mak Haji biasa membuka warungnya dari pukul 17.00-an WIB hingga pukul 24.00 WIB. Namun, Mak Haji hanya dinas hingga pukul 22.00-an WIB. Sisa waktunya diganti oleh anaknya. Saya biasa mengunjungi warung nasi uduk dibilangan H. Mencong, Cileduk itu sekitar pukul 20.00-an WIB, setelah pulang kantor. Di waktu itulah, saya sering menemui Mak Haji untuk memesan semur tahu tanpa nasi uduk. Makan di bangku panjangnya, yang menghadap televisi. Disaat lengang, Mak Haji suka menemani saya makan. Kami bicara hal yang ringan-ringan. Saya sering mengutarakan lawakan-lawakan garing. Tapi sering juga, Mak Haji tertawa hingga giginya yang jarang itu, terlihat.

Seperti suatu malam, saya mampir lagi ke warung Mak Haji. Memesan 4 tahu semur dengan taburan krupuk merah. Dengan dialek Betawinya, Mak Haji dan saya berbincang-bincang.

Saya               : “Mak, empat tahu, gak usah pake kuah tapi dikasih sambel, yak.” Sambil serius chating di *BBM.
Mak Haji        :  “Lah, bocah, kagak pernah madang nasi uduk..”
Saya               : “Iya, Mak,” jawab saya sekedarnya.

Sepiring berisi semur tahu sudah siap, di hidangkan di bangku panjang, tempat saya duduk. Beberapa lama kemudian, Mak Haji duduk disamping saya.

Mak Haji        : “Loe ngapain, tong? Madang dulu, ngapah..”
Saya              : “Saya lagi cheting ama pacar di Argentina, Mak! Argentina itu, jauuuuh. Di luar negeri. Tempat Maradona ama Messi sekolah!”

Mak Haji        : “Jauh bener, tong punya pacar..Lah, Mak kagak kenal, dah ama Maradona!”
Saya              : “Iya, jauh mak..Mak tau gak, saya punya pacar dua. Namanya Eva Mendes ama Penelope Cruz. Nah, sekarang, saya lagi cheting ama nih, dua cewe.” Sambil tetap khusyuk memandang ke arah BlackBerry.

Mak Haji        : “Punya pacar ampe dua gitu, kagak pusing, tong?”
Saya              : “Gak, Mak…Sebenernya justru mereka yang pusing ama saya. Karena setiap kali cheting, mereka gak ngerti saya pake bahasa apaan. Jadinya saya sering cheting pake bahasa tubuh, Mak,” sambung saya sambil menatap Mak Haji yang mulai bingung.

Sebelum obrolan kami semakin ngaco, akhirnya saya mengalihkan pembicaraan. BlackBerry pun saya simpan di kantong jaket. End chat.

Saya               : “Mak, gak ikutan makan?”
Mak Haji        : “Mak mah, kagak makan, kalo udah malem…”

Saya               : “Diet, mak?”
Mak Haji        : “Lah, apaan ntuh, diet?”

Saya               : “Diet itu, ngejaga pola makan, Mak..ngatur apa yang kita makan, termasuk jam berapa kita makan.”
Mak Haji        : “Emang Mak dah kebiasaan kagak makan malem-malem, tong.”

Hingga semur tahu itu habis saya lahap, tidak henti-hentinya obrolan kami saling bersahutan. Tak terasa, sudah hampir satu jam saya di warung sederhana beratapkan genteng merah itu.
                                                                               …..

Mak Haji, cerminan seorang wanita yang ulet. Walaupun tenaganya termakan usia, beliau masih punya semangat untuk bekerja. Raut wajahnya menyimbolkan kesabaran dan ketabahan.
Sebenarnya, banyak sekali wanita perkasa seperti Mak Haji yang merelakan masa tuanya tetap dipakai untuk bekerja. Saya selalu salut dengan kegigihannya. Oleh karena itu, saya selalu usahakan untuk mampir ke warung Mak Haji, sekedar untuk ngobrol, supaya saya bisa belajar bagaimana caranya untuk tidak mudah mengeluh.

Diakhir sowan itu, saya tanya, “Mak, gak istirahat aja? Gak usah pake kerja-kerja kayak begini. Kalo pegawai negeri, sebutannya pensiun, Mak. Jadi bisa sering ngaso di rumah..”

Lalu, Mak Haji menjawab, “Mak, jualan nasi uduk, cuma buat ongkos ngaji, tong, supaya kagak perlu minta ama anak-anak…”

*BBM = BlackBerry Messenger 
*Bocah = sapaan untuk kata, Nak
*Madang = makan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar